Menjadi Pramugari? Mengapa Tidak?

pramugarii

Bagi kamu yang sering bepergian menggunakan pesawat, tentu sudah tidak asing lagi dengan salah satu krew pesawat bernama Pramugari. Berpostur tubuh tinggi dengan dandanan yang menarik, menjadi daya tarik tersendiri bagi penumpang pesawat. Profesi ini umumnya banyak dilakoni oleh perempuan, meskipun tidak menutup kemungkinan bagi laki-laki untuk menjalaninya.

Barangkali pernah terbayang dalam benak kita, menjadi seorang pramugari enak rasanya, bisa menjelajah dan terbang kemana-mana. Akan tetapi, lebih dari itu, untuk menjadi seorang pramugari, semata-mata bukan tampil cantik saja, skill dan keterampilan mumpunilah yang menjadi dasar utama.

Dengan gaji yang mencapai 2-3 juta/penerbangan bagi yang junior dan 5-6 juta/penerbangan bagi senior ternyata harus seimbang dengan kemampuan pramugari dalam membina keprofesionalan karirnya. Tentulah banyak kualifikasi yang perlu di penuhi agar seseorang bisa menjadi pramugari yang handal dalam bekerja.

Saat ini, Berbagai sekolah tinggi dan beberapa maskapai penerbangan sudah banyak yang membuka lowongan untuk belajar dan bekerja menjadi seorang pramugari. Namun, syarat mutlak yang harus dipenuhi ialah sehat jasmani dan rohani serta memenuhi beberapa kualifikasi. Misalnya saja, kemampuan skill bahasa. Menjadi seorang pramugari dituntut untuk bisa menguasai Bahasa Inggris. Ingat, penumpang pesawat tentunya berasal dari berbagai bangsa dan negara, sehingga kemampuan bahasa yang mumpuni akan memudahkan seorang pramugari untuk bisa berkomunikasi dengan penumpang asing lainnya. Disamping itu, kemampuan bahasa dibutuhkan untuk mengenal lebih banyak istilah penting dalam dunia penerbangan yang banyak menggunakan bahasa Inggris sesbagai petunjuknya. Sehingga, mau tidak mau seorang pramugari harus bisa berbahasa Inggris, itu point utama.

Selanjutnya ialah kedisiplinan dan keberanian yang tinggi. Hal ini dibentuk melalui komitmen dan proses pembelajaran yang panjang. Pramugari harus disiplin dalam membagi waktunya, mengingat kerjanya sering berhadapan dengan timeline penerbangan yang mengharuskannya untuk terbang secara tepat waktu dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Tak jarang, bila kamu menggunakan penerbangan di pagi buta ataupun larut malam sekalipun, seorang pramugari harus siap menemani perjalanan kamu.

Sedangkan keberanian sendiri memang dituntut dan menjadi perhatian utama. Mengingat resiko dan keselamatan diri sendiri dan orang lain sering menjadi taruhan. Seorang pramugari harus menguasai langkah-langkah penyelamatan dengan benar. Bahkan, seorang paramugari harus mampu bertindak di tengah kepanikan penumpang kalau-kalau kejadian yang tidak diinginkan datang.

photo by spwallpapers.com

sumber : http://blog.catallya.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s