Profil

SELAMAT DATANG DI SITE TOD JOGJA

Dunia dirgantara dan perkereta apian saat ini terus melakukan inovasi untuk memenuhi  kebutuhan penumpang berkaitan dengan keselamatan perjalanan ,efektifitas ,serta kenyamanan dalam perjalanan, kejayaan dikarenakan pelayanan yang semakin meningkat dari waktu ke waktu, seiring dengan berkembangnya dua sektor media perjalanan tersebut  maka sangat dibutuhkan SDM yang bekompeten dan sesuai dengan standard pelayanan maskapai penerbangan ataupun perkeretaapian ,yang biasanya meliputi meliputi Performance ( penampilan fisik ) Skill & knowledge ( ketrampilan & pengetahuan ) dan attitude ( etika).
Untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di airline dan perkeretaapian tersebut TOD  menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan untuk membentuk SDM yang siap bersaing di pasar kerja global. dengan pendidikan singkat dan biaya terjangkau serta langsung bekerja hal itu yang menjadi jawaban kenapa mesti memilih TOD sebagai pintu meraih sukses.

COMPANY PROFILE

A. Identitas Lembaga

Nama Lembaga : Total Outsource Development
NILEK : 04201.1.0072
Alamat : Jl. HOS Cokroaminoto No 26 Yogyakarta
Kelurahan : Pakuncen
Kecamatan : Wirobrajan
Kodya : Yogyakarta
Propinsi : DIY
Kode Pos : 55253
No. Telp : 0274558548
No. Fax : 0274541805
Email : recruitment@todjogja.com
Nama Penanggung Jawab : Anna Handayani, SE
Nama Direktur : Anna Handayani, SE
No Ijin Operasional : 063/WB/2012
Instansi Pemberi Ijin : Dinas Perijinan Kota Yogyakarta
Tanggal Berdiri : 12 Agustus 2008
Status Gedung : Milik Sendiri (442M2)
Jenis Lembaga : Lembaga Kursus dan Pendidikan
Status Akreditasi Kinerja : B
No SK Akreditasi : KEP-684/B3/HK/2012

 B. Latar Belakang

Sejarah berdirinya TOD dimulai dari semakin berkembangnya transportasi udara dan darat di Indonesia. Perkembangan dan kemajuan bidang transportasi itulah yang membuat Ibu Anna Handayani, SE. terinspirasi untuk mendirikan sebuah lembaga pendidikan dan pelatihan guna mencetak dan mensuplai SDM yang berkompeten di bidang transportasi udara dan darat. Berbekal pengetahuan tentang dunia kedirgantaraan yang dimiliki serta relasi yang luas semasa bekerja di Bouroq Airline selama 15 tahun dan dukungan dari teman-teman praktisi, maka pada tanggal 8 Februari 2005 berdirilah lembaga yang bernama Buana Paksi. Pada masa awal berdirinya, Buana Paksi hanya memiliki 1 program studi saja yaitu Pramugari / Flight Attendant. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, ternyata Buana Paksi tidak dapat meneruskan langkahnya.

Berdasarkan Akta Notaris No. 06 tanggal 25 Februari 2009, akhirnya nama Buana Paksi diubah menjadi Total Outsource Development (TOD). Secara resmi TOD berdiri sejak tanggal 12 Agustus 2008 sesuai dengan SK pendirian LKP yang dikeluarkan oleh Diknas setempat. TOD didirikan dengan harapan agar tercipta SDM yang berkualitas dan professional dibidangnya. Diawal berdirinya, TOD langsung membuka 3 program studi yaitu pramugari, ground staff dan staff cargo. Memasuki tahun pertama, TOD kembali membuka 1 program studi lagi yaitu crew Kereta Api.
Saat ini, alkhamdulillah TOD sudah memiliki gedung sendiri yang cukup representatif dan dapat menaungi 4 program studi, kursus bahasa Inggris dan komputer. TOD memiliki 6 karyawan dan sudah meluluskan banyak siswa dimana 95% nya sudah terserap ke dunia kerja.
Demikian sekilas sejarah ini kami tulis, mudah-mudahan menjadi motivasi bagi seluruh keluarga besar TOD bahwa perjuangan belum selesai. Masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, kerja keras, semangat untuk tetap maju, dan keikhlasan yang harus terus dimunculkan demi kejayaan lembaga.

 C. Visi dan Misi

Total Outsource Development mempunyai visi ikut berperan aktif dalam mengembangkan dunia pendidikan, menyiapkan sumber daya manusia yang profesional, handal, dan mempunyai standard kompetensi. Dengan misi menerapkan pendidikan yang langsung diaplikasikan (praktek) dan penyampaian ilmu yang cukup menarik dan mengena, visi tersebut dapat dicapai.

D. Program

Total Outsource Development menyelenggarakan beberapa program andalan yang sesuai dengan kebutuhan SDM di industri penerbangan atau perusahaan-perusahaan transportasi udara dan darat, antara lain: Program Pramugari/Pramugara (12 bulan), Program Ground Staff (12 bulan), dan Program Perhotelan (6 bulan).

E. Instruktur

Instruktur pengampu mata kuliah di Total Outsource Development adalah para praktisi yang berkompeten dan berpengalaman di dunia penerbangan dan yang melingkupinya, sehingga ilmu yang diberikan merupakan ilmu yang aplikatif dan nyata di lapangan. Selain itu beberapa materi pendukung bidang jasa juga disampaikan oleh instruktur yang berkompeten dan berpengalaman di bidangnya, antara lain bidang food and beverage, kecantikan, attitude and etiquette, bahasa asing, modeling, komputasi, dan lain-lain.

F. Lulusan

Sejak berdirinya hingga saat ini, Total Outsource Development telah meluluskan ratusan peserta didik. Lulusan Total Outsource Development telah terserap di dunia kerja, baik perusahaan airlines, ground handling, perkereta apian maupun perusahaan tour & travel. Sejauh ini sebanyak 90% lulusan Total Outsource Development telah bekerja di bidang jasa transportasi udara dan darat.

G. Fasilitas Pendidikan

Peserta pendidikan yang telah terdaftar di Total Outsource Development akan mendapatkan fasilitas sebagai berikut:

1. Pakaian seragam

2. Sepatu

3. Tas eksklusif

4. Name tag

Selain itu, untuk menunjang proses pembelajaran, sarana prasarana pendidikan di Total Outsource Development antara lain sebagai berikut:

  1. Gedung milik sendiri
  2. Ruang kelas ber-AC
  3. Laboratorium Komputer, Jaringan Internet, Free Hotspot
  4. Laboratorium praktek kerja langsung
  5. Perpustakaan
  6. Penyampaian materi dengan LCD proyektor
  7. Konsultasi dan pendampingan bagi para peserta didik

Selain itu, untuk mendukung

H. Kurikulum

Kurikulum pendidikan yang diterapkan Total Outsource Development berbasis kompetensi dimana 30% teori dan 70% praktek. Hal ini diterapkan untuk melatih peserta didik berinteraksi langsung dengan customer dan mengalami langsung dunia kerja.

Ekstra kurikuler juga diberikan untuk melengkapi ilmu dan performance peserta didik, antara lain:

  1. Poise and Grace
  2. Table Manner

Selain itu para peserta didik juga dibekali praktek lapangan, antara lain:

  1. Visit/kunjungan bandara
  2. Visit/kunjungan stasiun kereta
  3. Visit/kunjungan biro perjalanan wisata
  4. Praktek On Line System

Kurikulum yang diterapkan di Total Outsource Development disusun oleh tim kurikulum Total Outsource Development dan staf pengajar serta praktisi, sehingga materi yang disampaikan kepada peserta didik sesuai dengan apa yang ada di dunia kerja.

Bahan ajar yang digunakan dalam pendidikan diperoleh dari staf pengajar yang mengacu pada kurikulum yang telah dibuat dan merupakan buku panduan praktek di lapangan. Selain itu bahan ajar disusun oleh staf pengajar/praktisi dimana bahan ajar tersebut merupakan pengalaman praktek langsung di lapangan atau dunia kerja.

 I. Kegiatan On the Job Training (OJT)

Guna membekali peserta didik dengan pengalaman praktis di dunia kerja, setelah menyelesaikan pendidikan teori, peserta didik akan menjalani kegiatan On the Job Training (OJT), sehingga materi-materi pendidikan yang telah diberikan sebelumnya dapat teraplikasi dengan baik. Kegiatan On the Job Training (OJT) ini dilaksanakan di perusahaan-perusahaan transportasi udara dan darat, yang telah menjalin kerja sama dengan Total Outsource Development, seperti maskapai penerbangan, perusahaan ground handling, tour and travel, perkeretaapian, dll. Kegiatan ini dilaksanakan kurang lebih selama 2 (dua) bulan.

J. Pembinaan

Pembinaan terhadap para peserta didik dilakukan di Total Outsource Development setiap 2 (dua) minggu sekali dengan jadwal yang telah ditentukan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui perkembangan dan mengevaluasi prestasi para peserta didik dalam menerima  dan menyerap semua materi yang  diberikan dan praktek yang telah dilakukan. Selain itu sebagai ajang sharing bagi para peserta didik selama mengikuti program pendidikan, sehingga para peserta didik dapat mengekspresikan apa yang dirasakan, dan mengatasi permasalahan yang dialami dan menemukan solusi bila menemui kesulitan belajar,baik teori maupun dalam praktek.